Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Mengenal fungsi santan dalam masakan

Mengenal fungsi santan dalam masakan


Romanindo- Santan adalah sari dari buah kelapa, cara menperolehnya cukup mudah yaitu parut kelapa lalu diperas hasil parutan tadi. Santan adalah bahan makanan yang populer digunakan oleh masyarakat. Dalam masakan nusantara sebagian besar sering menggunakan santan sebagai bahannya. Disini fungsi santan sangat penting untuk masakan. Fungsi tersebut salah satunya mengentalkan makanan yang berkuah. Jika tidak ada tambahan santan maka makanan berkuah tersebut tidak kental dan tidak nikmat, contohnya kari ayam.

Dalam masakan yang kaya akan bumbu dan kental seperti kari, lodeh, opor, gulai rendang dan lainnya. Santan juga terdapat dalam beberapa kue, misal serabi dan berbagai es yang membutuhkan tambahan santan. Sebagian besar bubur juga menambahkan santan.

Dikutip dari www.fimela.com (24-01-2019) Rasa sedap dan nikmatnya santan berasal dari minyak yang dikandungnya, yaitu senyawa nonylmethylketon. Santan mampu menyatu dengan air meski mengandung banyak lemak karena memiliki zat pengemulsi alami. 

Jadi santan mempunyai peran penting dalam masakan tertentu masyarakat kita. Sehingga santan tidak bisa dipisahkan dengan sebagian masakan nusantara. Rasa sedap, gurih dan mantap akan terasa bila ditambahkan santan dalam masakan.

Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.