Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Cara membuat telur asin dengan cepat

Cara membuat telur asin dengan cepat


Telur asin merupakan makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Bisa di sandingkan dengan makanan lain juga bisa atau dimakan langsung tanpa nasi juga bisa. Terbuat dari telur bebek yang di kelola lagi dengan cara direndam dengan air asin atau batu bata. Tidaklah sulit mendapatkan telur bebek. Memang banyak dijual telur asin di pasar. Tetapi bagi yang ingin membuatnya sendiri dirumah bisa menyimak tips berikut.

Cara membuat telur asin dengan batu bata

Bahan:
Siapkan sebuah tempat yaitu ember
1 liter air
500g garam
12 butir telur bebek
4 batu bata merah (Hancurkan sampai berbentuk bubuk)

Cara membuat:

Rendam telur dalam air selama kurang lebih 2 menit. Pastikan tidak ada telur yang mengapung, jika ada silahkan buang karena telur tersebut tidak layak.

Lalu bersihkan telur hingga bersih. Dalam proses ini harap hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak.

Silahkan amplas telur secara berlahan sehingga pori-pori telur terbuka.


Campurkan bubuk bata yang sudah benar-benar halus dengan air. Aduk rata. Jangan sampai encer. Bentuk hingga seperti pasta.

Kasih garam. Aduk menggunakan tangan atau alat seperti spatula supaya garam merata.

Lumuri telur dengan adonan bata tadi sampai menggumpal seperti tanah liat atau batu. Kira-kira hingga ketebalan mencapai 3 cm.

Masukkan dalam ember satu per satu.

Taburi lagi telur yang sudah dilumuri tadi dengan bubuk batu bata lagi secukupnya.

Diamkan selama 14 hari atau dua minggu.

Setelah proses selesai. Buka lapisan dan bersihkan bubuk yang melapisi telur. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.

Pembuatan telur asin telah selesai dan siap dihidangkan. Silahakan dicoba di rumah. Jangan lupa share jika bermanfaat.


Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.