Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Cara membersihkan talenan

Cara membersihkan talenan


Menjaga kebersihan sebagian dari iman, yoi slogan tersebut memang wajib kita terapkan dalam kehidupan. Jika kita menjaga kebersihan maka kita juga terjaga dari berbagai macam penyakit yang disebabkan bakteri jahat. Jika tubuh kita sehat maka kita bisa beriman dan menjalankan aktifitas rohani maupun aktifitas sehari-hari. Dapur merupakan tempat dimana kita mengolah makanan untuk dikonsumsi. Menjaga kebersihan dapur wajib kita lakukan termasuk peralatannya. Seperti yang akan kita bahas kali ini. Talenan berfungsi sebagai alas memotong bahan makanan jadi kita harus menjaga kebersihannya. Jika talenan kotor maka bakteri akan hidup di situ dan terkontaminasi dengan makanan yang kita makan. Maka dari itu beberapa tips cara membersihkan talenan supaya bebas dari bakteri jahat yang menimbulkan penyakit. Mari kita simak cara dan bahannya.

Buah lemon

Penggunaan lemon atau jeruk nipis untuk talenan dengan cara oles dan gosok merata pada talenan untuk membersihkannya. Kandungan asam dari lemon dan cuka mampu membunuh bakteri jahat yang menyebab bau dan potensi penyakit.

Cuka dan Garam

Gunakan cuka dan garam, campur kedua bahan tersebut lalu gosokkan ke talenan untuk membersihkan sekaligus menghilangkan bau makanan pada talenan. bilas dengan air bersih lalu angin-anginkan hingg kering.

Baking soda

Baking soda ialah bahan pembersih yang mampu membersihkan apa pun termasuk talenan. Gosok pada talenan dengan spons hingga bersih. Kemudian bilas talenan dengan air dan angin-anginkan di atas sinar matahari.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida ialah senyawa kuat yang digunakan sebagai agen oksidasi yang bisa larut dalam air. Zat ini biasa terdapat di antiseptik pembersih rumah tangga. Gosok talenan dan biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air panas dan keringkan di bawah terik matahari.

Supaya talenan di rumah bersih dan higeinis maka silahkan mencoba cara tersebut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.
Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.