Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Tips menyimpan tahu biar awet

Tips menyimpan tahu biar awet


Makanan bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh kita supaya tetap sehat. Salah satu makanan yang sarat akan gizi adalah tahu. Makanan ini terbuat dari endapan perasaan kedelai. Untuk harga tahu memang sangat terjangkau sekali. Tahu bisa diolah menjadi beragam masakan yang nikmat. Cara mendapatkan pun tidak sulit, banyak dijual di pasar, supermarket dan pendagang sayur keliling.

Saat membeli tahu kita biasa langsung menyimpannya di lemari pendingin biar tidak basi. Tapi beberapa tips tentang cara menyimpan tahu biar keawetannya bertambah patut kita coba. Kadang kita membeli tahu banyak untuk persiapan beberapa hari kedepan biar tidak belanja lagi. Supaya awet mari simak tips berikut.

Air bersih untuk merendam

Gunakan air bersih untuk merendam tahu yang baru kita dibeli, sebelum hal itu dilakukan buang air tahu yang ada dibungkusnya bilas dengan air dahulu. Sebaiknya membuang air tahu dalam bungkusnya, lalu rendam tahu dengan air bersih. Gunakan air matang untuk merendam. Jika memang akan diolah beberapa hari kedepan, lakukan penggantian setiap harinya.

Simpan di tempat kedap udara

Untuk menghindari jamur atau bakteri simpan tahu di tempat yang kedap udara. Seperti wadah plastik yang ada tutupnya

Direbus dahulu

Masaklah air sampai mendidik kemudian masukan tahu. Tahu yang telah direbus akan awet namun teksturnya akan berubah dan nanti saat diolah akan kenyal dan padat.

Rendam dengan air garam

Biar awet setelah direbus tahu masukkan ke air yang sudah dikasih garam, diamkan selama 10-15 menit setelah itu buang air garam ganti dengan air biasa atau air matang.

Lakukan langkah-langkah tadi supaya tahu awet untuk beberapa hari kedepan. Cara gampang ini bisa kita praktekan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share informasi ini. Selamat mencoba!
Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.