Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi kuliner indonesia wisata Indonesia dengan slogan Roso Mantap. Promosi kuliner indonesia wisata indonesia

Senin, 04 Februari 2019

Cara menyimpan tepung biar awet dan tak ada kutu

Cara menyimpan tepung biar awet dan tak ada kutu


Bagi yang hobi masak pasti mempunyai bahan makan yang disimpan. Jelas ini membutuhkan perhatian supaya bahan-bahan makanan tidak cepat rusak. Untuk penghobi buat kue atau roti pasti mempunyai stok tepung yang cukup banyak biar kalau ada resep baru di majalah atau internet bisa langsung dicoba. Tetapi permasalahnanya kadang muncul yaitu tepung rusak atau ada kutunya. Sehingga kita membeli lagi, sungguh sayang bukan? Disini kita akan membahas bagaimana menyimpan bahan roti atau kue terutama telur biar awet dan tak ada kutunya.

Tips berikut dikutip dari Thespruceeats, banyak cara menyimpan tepung dengan benar biar awet dan tak ada kutu. Dengan hal itu kita bisa berhemat dan tidak membuang tepung yang kita sudah beli. Mari simak baik-baik penjelasannya sebagai berikut.


Simpan di Lemari es
Tepung dimasukkan ke dalam plastik lalu taruh ke Lemari es tepatnya freezer selama 48 jam atau 2 hari untuk membasmi kumbang atau telur serangga yang kemungkinan ada di dalam tepung tersebut.

Simpan di tempat tertutup
Habis itu keluarkan dan pindahkan ke tempat yang bisa tertutup rapat berbahan plastik atau kaca. Supaya mencegah tepung dari kelembapan dan memastikan serangga tidak bisa masuk. Hal itu juga menjadi cara terbaik menjaga baunya tidak berubah.

Menyimpan di tempat sejuk
Sebaiknya taruh tepung di tempat yang sejuk dan jauhkan dari sinar matahari, tidak lembap dan gelap, jangan di dalam lemari terlalu lama karena menyebabkan kelembapan.

Jangan campur tepung baru dengan yang lama
Hal terpenting lainya jika kita membeli tepung lagi jangan mencampurkan tepung baru sama tepung lama. Pisahkan atau habiskan dulu tepung lama sebelum memakai tepung baru. Jika ingin mencampurkannya, pastikan kondisi tepung lama masih baik, tidak berbau, berubah warna bahkan berkutu atau melakukan cara seperti sebelumnya.

Cara ini bisa kita lakukan supaya persediaan tepung kita awet dan kita bisa berhemat tidak membuang tepung. Silahkan mencoba di rumah. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.
Author Profile

About Romanindo

Romanindo merupakan situs informasi Kuliner dan wisata indonesia selain itu memberikan informasi tips dan berita.

Back To Top