Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Kesalahan kesalahan masak udang

Kesalahan kesalahan masak udang


Romanindo.com Udang adalah makan seafood favorit banyak orang, dan banyak juga menu udang yang disajikan dalam rumah makan. Jika kita memasak sendiri udang kadang masih melakukan kesalahan dalam mengelolah udang tersebut. Menurut Thespruceeats beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan seperti berikut.

Baca juga: cara menyimpan ikan biar awet

Tidak membersihkan udang dengan tepat

Masih ada orang yang langsung memasak udang secara utuh, tidak membuang kepala dan kotorannya. Padahal akan lebih baik jika dibuang kepala dan kotorannya. Ada usus yang tersembunyi di bagian punggung udang yang berisi kotoran dan mengganggu rasa udang tersebut, Jadi jangan malas membersihkannya.

Tidak mengupas kulit Udang

Kulitnya sebaiknya dikupas, tapi jangan dibuang, karena bisa dibuat kaldu udang yang kaya rasa. Rasa sedap udang akan semakin kuat jika membuat kaldu dari kulit udang yang direbus. Tetapi jika memang lebih suka memakannya bersama kulitnya, tidak masalah tidak mengupasnya. Itu tergantung selara kita masing-masing.


Memasak udang terlalu lama

Udang memiliki tekstur lembut jadi sebaiknya udang tidak dimasak terlalu lama karena akan membuat udang alot atau keras saat disantap, juga menghilangkan nutrisi penting di dalamnya. Udang tidak butuh waktu lama untuk dimasak, cukup sudah berubah warna dan cukup terlihat matang. 

Memasak udang yang beku

Jika udang kita simpan di freezee maka sebaiknya lelehkan dulu udang yang beku tersebut. Biarkan meleleh di suhu ruangan, di kulkas bagian bawah yang tidak terlalu dingin atau biarkan di suhu udara namun jangan direndam pakai air. Dengan cara ini akan menjaga tekstur dan nutrisi udang supaya tidak rusak.

Kesalahan memasak udang ini jangan dilakukan di rumah supaya cita rasa dan nutrisi masakan dari bahan udang tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.
Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.