Roman Indonesia

romanindo.com merupakan portal informasi segala sesuatu yang berada di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Berita, Kuliner dan Wisata di Lamongan Jawa Timur

Tips memilih terasi yang bagus

Tips memilih terasi yang bagus


Bumbu masakan ini merupakan khas dari Indonesia. Terasi memang digemari oleh masyarakat kita sebagai bumbu tradisional, terutama membuat sambal. Terasi atau belacan juga memiliki ciri khas dengan bau yang menyengat dikarenakan terasi terbuat dari ikan atau udang yang difermentasi. Bentuk dari terasi seperti pasta dan berwarna coklat gelap. 

Bagi penggemar terasi pasti mempunyai bumbu ini di dapur. Setiap membuat sambal terasi wajib ada atau jika memasak tumis pasti lebih gurih dengan tambahan terasi. Memilih terasi yang bagus juga perlu diperhatikan karena jika tidak maka terasi akan membuat makanan atau sambal jadi tidak lezat. Maka inj beberapa tips memilih terasi yang bagus kualitasnya.

1. Pada waktu membeli terasi, pastikan kemasan atau packing terasi. Perhatikan kemasan masih tertutup rapat atau dalam kondisi utuh. Jangan membeli terasi dengan kemasan yang telah sobek kemasannya apalagi terbuka. Terasi yang kebuka dalam waktu lama bisa mengalami penurunan kualitas rasa maupun aroma.

2. Saat membeli liatlah warna terasi tersebut. Terasi yang berwarna cokelat kehitaman adalah terasi dengan kualitas baik, terasi yang berwarna kemerah merahan juga bagus. Namun pastikan jika warna kemerah merahan itu bukan dari pewarna makanan berbahaya. Terasi yang berkualitas warnanya tidak terlalu mencolok.

3. Ciri khas terasi adalah aroma, pilihlah yang memiliki aroma khas. Tapi jika aroma terasi terlalu menyengat atau sedikit ada bau bahan kimianya,  maka jangan dipilih karena ada campurannya. Terasi yang berkualitas aromanya lebih segar dan khas aroma udang atau ikan.

4. Umumnya terasi berbentuk padat dan kering namun mudah dipotong atau mudah hancur. Untuk terasi yang sangat keras dan kering atau bahkan lengket, jangan dipilih atau dibeli.


Itulah beberapa tips memilih bumbu terasi di pasar atau di toko. Bumbu yang berkualitas akan membuat masakan kita menjadi tambah lezat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.
Author Profile

About Romanindo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.